Kamis, 03 Februari 2011

Pondok Pesantren Tapak Sunan

Pondok Pesantren Tapak Sunan sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang terletak di Condet Balekambang Jakarta Timur, berkiprah dan ikut berperan serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yang beriman, bertakwa dengan mengamalkan kegamaan yang konsisten/istiqomah, berbudi luhur/akhlaqul karimah, memilki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap, mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
Dalam kerangka pemikiran di atas, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Tapak Sunan, Drs. KH. Muhammad Nuruddin Munawwar telah membuka Pendidikan Salafiyah pada tahun 1990, kemudian mengembangkan pendidikan formal seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada tahun 1993 dan membuka Madrasah Aliyah (MA) pada tahun 1996. Pada tahun pelajaran 2005/2006, Pondok Pesantren Tapak Sunan menerima siswa/santri baru tingkat RA Madrasah Diniyah dan bagi siswa MTs dan MA seluruh siswanya wajib diasramakan.

TUJUAN
Menyiapkan siswa agar:
1.      Dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2.      Mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya yang dijiwai oleh ilmu, iman dan takwa kepada Allah SWT.
3.      Menjadi anggota masyarakat yang berakhlakul karimah, disiplin dan mandiri.
4.      Dapat mengembangkan dan mensyiarkan agama Islam sebagai penerus para ulama.
5.      Menjadi pemimpin yang adil, jujur dan bertanggung jawab, baik terhadap dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan agamanya.

TUGAS POKOK
Menyelenggarakan Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah dan Pendidikan Formal sesuai dengan kurikulum Pondok Pesantren dan kurikulum Departemen Agama.
Program Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Tapak Sunan adalah:
1.      Pendidikan Salafiyah
Pendidikan Salafiyah / Madrasah Islamiyah Salafiyah (MIS) Pondok Pesantren Tapak Sunan adalah madrasah informal yang mengelola pengajian santri / Kegiatan Belajar Mengajar pengajian santri. MIS menggunakan sistem klasikal dengan jenjang pendidikan selama enam tahun dengan kurikulum berbasis As Salafi 2006. KBK As Salafi adalah kurikulum yang disusun melalui proses diskusi mendalam antara Pimpinan dan Asatidz Pondok Pesantren Tapak Sunan untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan. MIS juga mengeluarkan ijazah bagi santri yang telah menempuh pendidikan selama enam tahun dan lulus dalam ujian akhir MIS. Ijazah tersebut dapat digunakan untuk mendaftar di berbagai Perguruan Tinggi Islam, seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Jakarta, Universitas At Thahiriyah, dan lain-lain.
2.      Pendidikan Formal
·         Taman Kanak-kanak Islam
·         Madrasah Diniyah
·         Madrasah Tsanawiyah (MTs) Akreditas A
·         Madrasah Aliyah (MA) Akreditas B

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar Pendidikan Formal terdiri dari lulusan Sarjana Strata 1 (S1) dan Sarjana Strata 2 (S2) dari UIN, UNJ, UNIAT, ABA, UIJ dan Perguruan Tinggi lain yang berkualitas dan berdedikasi. Sedangkan tenaga pengajar Pendidikan Salafiyah adalah santri lulusan terbaik dari pesantren-pesantren salafiyah, seperti Buntet Pesantren Cirebon, Al Falah Ploso Kediri, Sarang Rembang, Hidayatul Mubtadiin Lirboyo, Al Insaf Pekalongan, dll.

FASILITAS
1.      Gedung Madrasah MTs dan MA permanen 2 lantai.
2.      Gedung asrama putra dan putri permanen 2 lantai.
3.      Gedung perpustakaan dan koperasi.
4.      Fasilitas olahraga: lapangan bola, basket, voli, bulutangkis dan tenis meja.
5.      Laboratorium komputer.
6.      Wartel santri.
7.      Lingkungan asri dan alami.
8.      Dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar